Mengajari Anak Berpuasa

10.19

Tak terasa, besok kita sudah memasuki bulan Ramadhan, ya. Semua antusias dan bersemangat menyambut bulan penuh Rahmat ini. Tak terkecuali anak-anak saya, kakak Fina dan mas Aufa. Bahkan mereka sudah tidak sabar untuk segera berpuasa. 
Saya bersyukur tidak mengalami kesulitan untuk mengajari anak-anak berpuasa. Padahal, di lingkungan tempat saya tinggal banyak orang dewasa yang tidak berpuasa padahal mereka tidak sakit dan tidak sedang berhalangan. Banyak yang dengan santainya makan, minum dan merokok di siang hari. Tak hanya itu, masih banyak anak-anak seusia anak saya yang belum berpuasa. 

kak Fina & mas Aufa

Saya jadi ingat, ketika pertama kali mengajari anak-anak berpuasa. Si kakak mulai belajar puasa ketika masih duduk di bangku TK, tepatnya ketika umurnya 5 tahun. Pada saat sahur, saya bangunkan untuk ikut sahur dan saya ajarkan untuk berniat puasa. Bukan tanpa kendala, karena jam 9 atau 10, si kakak sudah mengeluh lapar dan pengen makan. Saya bujuk agar sabar menunggu sampai adzan dhuhur tiba. Untuk mengalihkan perhatiannya pada perutnya yang lapar, saya sibukkan dia dengan bermain. Bukan bermain yang mengeluarkan banyak energi. Misalnya menggunting, mewarnai gambar, bermain boneka. Tahu-tahu sudah adzan dhuhur, si kakak boleh makan dan minum. Setelah sholat dhuhur, puasa harus dilanjutkan lagi. 
Meski kadang tergoda teman-temannya yang tidak puasa, tapi si kakak berhasil menuntaskan puasanya hingga sebulan penuh. Tak ada reward buat anak-anak saya ketika bisa berpuasa sebulan penuh (saya tidak membiasakannya). Saya hanya bilang, bahwa kakak dan mas akan mendapat hadiah surga dari Allah karena sudah berpuasa. Dan sampai saat ini, anak-anak juga tak pernah menuntut untuk diberikan hadiah karena berpuasa. Agar anak-anak mudah dan mau belajar puasa, biasanya akan saya ceritakan kenapa kita harus berpuasa, apa hadiah (pahala) yang akan didapat orang-orang yang berpuasa, apa yang akan didapat orang-orang yang tidak mau berpuasa, dan sebagainya.
Tidak jauh berbeda dengan si kakak, mas Aufa juga belajar puasa ketika duduk di bangku TK. Tidak terlalu sulit mengajaknya berpuasa. Sering tergoda untuk membatalkan puasa, wajar karena banyak teman-teman si mas yang tidak berpuasa. Tapi saya bujuk lagi, bujuk lagi....akhirnya berhasil. Si mas bisa juga menahan diri sampai waktu buka puasa tiba. Sudah dua tahun ini, mas Aufa sudah kuat berpuasa penuh dari subuh hingga maghrib. Alhamdulillah.
Mengajari anak berpuasa sejak dini, bukan tanpa kendala. Ada saja, yang bilang kalau saya tega membiarkan anak saya kelaparan (kalo ini sih, ngomongnya asal banget). Ada juga yang bilang, masih kecil kok disuruh puasa, nanti aja kalau sudah besar. Ealah bu, kalau sudah besar malah susah diajak puasa. Omongan-omongan orang macam ini, tak terlalu saya gubris. Toh, saya mengajari dan mengajak anak menuju kebaikan, ya kan.
Cara mengajari anak yang terbaik memang dengan memberi contoh. Bagaimana anak akan mau puasa kalau kita tidak puasa? Bagaimana anak akan mau tadarus kalau kita tidak pernah tadarus?
Selain itu, anak-anak juga perlu dibuatkan semacam jurnal (catatan) kegiatan atau aktivitas apa saja yang harus dilakukan ketika Ramadhan. Bisa dimulai dari sholat subuh di masjid, ngaji, dan sebagainya. Jurnal itu bisa dijadikan sebagai buku prestasi dan bisa di evaluasi dari tahun ke tahun.
Biasanya untuk menambah semangat anak-anak berpuasa, saya selalu mengajak anak untuk menentukan menu berbuka. Sebisa mungkin, saya berusaha memenuhinya. Anak-anak juga tak pernah meminta menu yang berlebihan. Biasanya sih, lauk, gorengan atau cemilan dan es yang harus ada untuk berbuka.

Cap Cay sayur favorit mas Aufa

Bubur Candil

Martabak telur favorit kak Fina

Ayam Goreng Crispy


Menu-menu favorit anak-anak itu yang biasanya harus ada ketika berbuka. Menu sederhana yang bisa membangkitkan semangat mereka untuk istiqomah berpuasa Ramadhan. Tak lupa, mengajak mereka untuk melakukan ibadah lain seperti tarawih dan tadarus. 
Selamat menjalankan ibadah puasa, ya. Semoga ibadah Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

You Might Also Like

12 komentar

  1. Whuii...bubur candilnya bikin ngiler tuh mbaak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok bikin mb Maya..., buat buka puasa besok...

      Hapus
  2. mm asiknya jadi anaknya abunda, masakanyya past enak. gambarnya aja bikin ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..biar anak-anak semangat puasanya mb Kania... :)

      Hapus
  3. Selamat berpuasa maak... Semoga anak2nya semangat apa lg disiapin makanan2 kesukaannya itu.. Aku contek tipsnya yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met puasa juga ya Mak Noe....ayo bikinin menu kesukaan anak-anak, biar semangat puasanya..

      Hapus
  4. Senangnya melihat anak2 mau berpuasa ya mak, apalagi mereka ikhlas melakukannya. Tentunya mereka juga senang karena disediakan menu berbuka yang nikmat...sangat inspiratif ceritanya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Yuni...Alhamdulillah mereka nggak susah diajak puasa. Apalagi kalo dibikinin masakan kesukaan mereka. Tambah semangat puasanya...:)

      Hapus
  5. keponakanku tahun ini sudah belajar puasa, tapi ya gitu. kalau bedug buka puasa, terus dilanjut lagi sampai maghrib :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah siiip mb Sari, yang penting terus di motivasi untuk selalu puasa. lama-lama bisa kuat puasa seharian...:)

      Hapus
  6. hi makk.. salam kenal.. aku follow akun makk yang apa ya? makk gak pasang GFC soalnya, aku cari gak ada ^ ^

    http://beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbak Asti, salam kenal juga....di blog yang satunya mb yang www.bundafinaufara.com

      Hapus

Total Tayangan Halaman

kembali ke atas